Selamat datang di www.mickeynophel.blogspot.com | Terima Kasih Atas kunjungan Anda | Blog ini akan selalu kami Update,berkala...| Silahkan Klik menu utama Kami...

Jumat, 02 Desember 2011

Cara Menginstall Ubuntu

Nieh Gan, yang pengen install ubuntu...

Proses instalasi Ubuntu:

  1. Masuk ke sistem BIOS komputer, dan atur agar booting awal menjadi CDROM/ DVDROM, di ikuti hard disk pada posisi kedua.
  2. Masukkan CD/ DVD instalasi Ubuntu, start komputer dan tunggu hingga dialog box pemilihan bahasa dan try/ install muncul.
    Jendela Instalasi Maverick Meerkat 1
    Silakan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan (penulis menggunakan bahasa Inggris). Kemudian pilih “Try Ubuntu” jika Anda ingin mencoba Ubuntu tanpa melkukan perubahan pada sistem komputer Anda, dan jika ingin langsung ingin melkukan proses instalasi, klik “Install Ubuntu”.
  3. Selanjutnya kan muncul dialog box “Preparing to Install ubuntu”, sistem akan secara otomatis memeriksa hal-hal yang di butuhkan pada saat proses instalasi,
    Jendela Instalasi Ubuntu
    Jika komputer Anda terhubung ke internet, anda dapat memberikan check box pada opsi “Download updates while installing”, namun tidak saya sarankan karena proses instalasi akan memakan waktu yang lebih lama. Beri check box pada opsi “Install this third-party software”, supaya Audio Player Ubuntu dapat langsung memainkan file Mp3 setelah selesai proses instalasi. Selanjutnya klik “Forward”.
  4. Sekarang saatnya membuat partisi hardisk untuk Ubuntu, pada jendela “Allocate drive space” yang pertama, pilih ‘Specify partitions manually (advance)’, klik “Forward” untuk melanjutkan. Kemudian muncul jendela seperti berikut ini,
    Partisi Ubuntu
    Pilih “free space” untuk membuat partisi baru, kemudian klik Add, selanjutnya
    Partisi Root
    Untuk Type partisi silakan pilih Primary, jika dalam komputer Anda belum terinstall sistem operasi lain, jika sudah ada sistem operasi lain saya sarankan untuk memilih Logical. Untuk kapasitas partisi silakan tentukan sesuai kebutuhan dan kondisi komputer Anda (sisakan untuk membuat partisi swap). Pilih Ext4 Journaling file sistem, untuk file sistem ubuntu. Untuk mount point pilih “/”, karena partisi ini akan di gunakan sebagai “root” yang berisi file-file sistem operasi. Setelah selesai klik “OK”.
  5. Membuat partisi “Swap”. Pilih “free space” yang tersisa, kemudian klik “Add”
    Partisi Swap ubuntu
    Untuk type partisi pilih Logical, untuk kapasitas partisi sebaiknya dua kali ukuran RAM komputer Anda, namun untuk Anda yang memiliki ukuran RAM > 1 GB, ukuran swap bisa 1/3 besarnya RAM saja. Setelah selesai klik OK. berikut ini adalah tampilan setelah partisi yang di butuhkan Ubuntu selesai di buat,
    Tabel partisi Ubuntu
    klik Install Now untuk melanjutkan instalasi.
  6. Memilih Time Zone,
    menetukan time zone
    silakan klik pada gambar Peta atau ketikkan pada box lokasi (kota) Anda, klik Forward.
  7. Keyboard Lay Out, pilih USA karena jenis keyboard inilah yang umum di gunakan. klik Forward untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu.
  8. Membuat User Account,
    membuat user akun ubuntu
    Masukkan nama Anda (nama kucing piaraan Anda Juga boleh :D), nama komputer, user name yang akan Anda gunakan untuk login, dan password (masukkan 2 x, harus sama). Jika ada keterangan “weak password” itu tandanya password yang Anda gunakan lemah, Anda dapat menggantinya atau mengabaikanya saja. Pilih “Login Automatically” untuk login otomatis tanpa memasukkan password pada komputer Anda nantinya, setingan ini bisa di rubah setelah selesai instalasi. Klik Forward untuk melanjutkan!
  9. Setelah muncul jendela seperti berikut ini,
    proses pengopian file ke dalam hard disk
    Anda boleh meninggalkan komputer, untuk makan atau sekedar cuci mata keluar rumah :D. Karena proses pengopian file dan instalasi ke hard disk sedang berlangsung. Proses ini mungkin membutuhkan waktu belasan menit saja tergantung spesifikasi komputer Anda.
  10. Jika sudah muncul jendela dengan titel “Instalation Complete” itu tandanya proses instalasi telah selesai. Klik tombol “Restart”. Tunggu hingga CD/ DVD instalasi Anda keluar drari ODD. Setelah keluar, tekan “Enter” maka sistem akan mulai reboot
Selamat menikmati Desktop Ubuntu Anda!

Gimana...??? Jempol Dulu Gan... :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...